Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Lantai Teras dan Karpet

30
Cleaning Patio Decking

Jasa Cuci Sofa. Jamur bisa menjadi ancaman di dalam rumah karena kemampuannya menghancurkan permukaan apa saja yang ditumbuhinya. Belum lagi baunya yang mengganggu. Sporanya beterbangan di udara dan berisiko terhirup dan memicu reaksi alergi, sesak napas, dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu Anda harus mengatasi masalah jamur dan lumut di mana pun di rumah.

Menghilangkan jamur pada kayu lantai teras

Teras berlantai kayu tanpa atap rentan ditumbuhi jamur dan lumut, terutama pada musim hujan. Jika masalah ini menimpa Anda, coba langkah-langkah berikut ini untuk menyingkirkan jamur dari permukaan kayu.

  1. Gunakan alat pengerik atau pisau tumpul untuk mengikis jamur di atas kayu, kemudian sapu atau sedot memakai mesin pengisap debu.
  2. Ampelas area yang berjamur, lalu semprot atau olesi dengan produk antijamur sesuai petunjuk pemakaiannya. Biarkan hingga kering, lalu ampelas dan beri produk antijamur lagi. Hal ini juga berlaku sebagai cara mengatasi lumut, namun Anda perlu memakai obat pembasmi lumut.
  3. Biarkan mengering secara sempurna sebelum memolesnya ulang dengan pernis atau pelitur.

Menghilangkan bau pada karpet karena jamur

Jamur merupakan musuh besar karpet karena akarnya menggerogoti serat karpet dan sulit dicabut. Jika karpet Anda berukuran besar dan seluruhnya basah lebih dari dua hari, hubungi jasa layanan cuci karpet. Pipa bocor, talang merembes, dan ruang lembap merupakan beberapa penyebab jamur yang sering terjadi. Noda dan bau pada karpet akan muncul kembali jika sumber penyebab jamur tidak diperbaiki terlebih dulu.

Berikut ini cara menghilangkan bau karpet melalui langkah-langkah membasmi jamur:

  1. Kenakan sarung tangan karet, pakaian lengan panjang, serta masker mulut dan wajah. Aktivitas membersihkan jamur akan menyebarkan spora jamur yang bisa merugikan kesehatan jika terhirup atau mengenai kulit yang alergi.
  2. Lakukan di luar rumah jika mungkin. Jika tidak, buka jendela luar dan tutup pintu menuju ruang lain agar spora tidak terbang masuk ke ruang lain.
  3. Keringkan karpet, baik dengan sinar matahari di luar rumah maupun dengan bantuan kipas angin di dalam rumah.
  4. Sapu serpihan-serpihan jamur dari kedua sisi karpet memakai sikat berbulu kasar. Sikat juga lantai di bawah karpet, lalu sapu atau sedot memakai mesin pengisap debu.
  5. Semprotkan produk antijamur untuk karpet. Baca instruksi pemakaian pada label kemasan produk dan ikuti petunjuk perawatan karpet Anda. Pastikan cairannya benar-benar membasahi hingga ke dalam serat karpet pada kedua sisinya agar mengenai akar jamur. Sebagai alternatif produk antijamur, simak daftar di bawah.
  6. Sikat kedua sisi karpet, lalu diamkan sampai kering. Kebanyakan semprotan antijamur sebaiknya tidak dibilas.
  7. Semprot juga lantai di bawah karpet dan biarkan mengering sempurna.
  8. Ulangi penyemprotan sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  9. Jika tersedia, nyalakan alat dehumidifier atau penjernih udara selama dua hari setelah membersihkan karpet untuk menghilangkan sisa-sisa spora.
  10. Cuci semua peralatan yang dipakai menggunakan semprotan antijamur agar tidak menularkan spora jamur ke bagian lain di rumah.

Alternatif produk antijamur dan antilumut

Selain cara mengatasi lumut dan jamur memakai produk siap pakai yang dibeli dari toko, bahan-bahan berikut ini bisa Anda manfaatkan sebagai alternatif. Walau begitu, sabun dan air saja tidak akan mempan memecahkan masalah jamur.

  • Karbol atau oxygen bleach. Meskipun sering dianggap mampu membunuh jamur dan lumut, karbol sebenarnya hanya efektif menghentikan pertumbuhannya pada permukaan yang tidak berpori, semisal ubin keramik. Demikian juga oxygen bleach yang berbahan aktif hydrogen peroxide. Kedua bahan kimia ini bersifat korosif atau mengikis, jadi Anda perlu memastikan apakah keduanya cocok untuk lantai Anda. Larutkan 1 bagian salah satu bahan ini di dalam 8 bagian air dan gunakan untuk membasahi bagian yang berjamur selama beberapa saat, lalu keringkan.
  • Cuka dan/atau bubuk soda kue. Cuka tidak membunuh setiap jenis jamur dan lumut meskipun mampu menghambat pertumbuhannya. Basahi bagian yang berjamur dengan cuka selama satu jam sebelum membilasnya. Bubuk soda kue menghasilkan efek yang serupa tetapi sangat efektif untuk menghilangkan bau. Buat campuran kental bubuk soda kue dan air hangat, lalu oleskan pada bagian yang berjamur atau berlumut. Biarkan selama beberapa saat sebelum menyikatnya.
  • Minyak biji jeruk Bali merupakan bahan antijamur dan antibakteri yang ampuh. Tambahkan 10 tetes minyak biji jeruk Bali ke dalam secangkir air, lalu semprotkan atau percikkan ke area yang bermasalah. Setelah beberapa saat, lap dan keringkan.

Pencegahan jamur dan lumut

Jamur dan lumut suka lingkungan yang hangat, gelap, dan lembap. Lakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini agar jamur dan lumut tidak muncul lagi setelah dibasmi.

  • Jaga agar sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Gunakan alat dehumidifier jika perlu untuk mengurangi kelembapan di udara.
  • Hindari penempatan karpet di area yang mudah basah, semisal di dalam atau di dekat kamar mandi. Ubin keramik atau bahan lain yang tidak berpori menjadi pilihan yang lebih baik untuk lantai kamar mandi.
  • Gantung keset kamar mandi dan handuk untuk mengeringkannya setiap kali selesai dipakai. Cuci seminggu sekali memakai mesin cuci pada pengaturan air hangat dengan tambahan cuka pada saat membilas.
  • Pastikan tidak ada barang-barang basah yang bersentuhan langsung dengan lantai kayu atau karpet dalam waktu lama. Gunakan alas penampung air di bawah pot tanaman.

sumber: Cleanipedia.com

 


Hubungi Jasa Cuci Karpet Jaya Utama Sofa:

Alamat Workshop: Jl. Pahlawan Raya, Gg. Saimin, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Rate this post